Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
3 posters
Halaman 1 dari 1
Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
Salam kenal para pecinta si legendaris rx king,
Saya mau tanya tentang mesin king yg sering bocor karena baut pengencang cylinder head longgar.
Jadi gini critanya, saya br beli rx king thn 2004 tp udah oversize sampe 148cc + cylinder head d pangkas sktr 1 mm buat ningkatin kompresi. Awalnya ngga ada masalah buat lari tarikan2 pendek, tp mur pengencang silinder head sering kendor jd sering bocor dkit tp msh bs buat jalan, tiap 2 hari skali ngencangin baut2nya (kondisi mesin dingin). Klimaksnya wkt saya buat jalan biasa terdengar suara bocor d packing silinder head dan motor ga bs jalan sma skali. Stelah saya bongkar ternyata packing headnya pecah. Kemungkinan Lubang packing bagian depan ga bs duduk rata k permukaan blok silinder karena baut yg ke blok silinder ukuran 14 jd kpaksa kdesak gt. Solusi pertama saya bawa k tukang bubut buat ngetap bikinin baut baru dan skrng uda terpasang baut 12-12 d blok silinder (yg lama sudah rusak ulirnya) mur pengencang jg sudak saya ganti pake yg panjang nongol k atas, packing jg uda saya ganti orosinil. Uda 2 hari jalan lancar (belum buat ngebut). Kejadian itu bocor itu terulqng lg tadi pagi. Wkt buat berangkat kerja, saya ngebut sampe top speed sktr 1 kilometer, kompresi bocor gede akhirnya mesin ga bs hidup sma skali. Jd d dorong deh smpe tempat kerja, untung aj tinggal 500 meter dr kantor.
Sepulang kerja td saya cek lagi trnyata kedua mur silinder head bagian belakang longgar semua. Padahal baut keduanya msh bagus n bahannya dari besi baja warna hitam beda sma yg 2 depan.
Yang mau saya tanyakan :
1. Bagusnya baut untuk blok silinder pake yg mana ?
2. Gmn cara ngurangin getaran mesin saya yg gede ? Karena menurut saya longgarnya baut ini gara2 getaran mesin yg trlalu kenceng ( ngga kyk umumnya sepeda) ato memang semua ovesize motor berkontibusi besar pada getaran mesin meski dudukan mesin uda kenceng (saya belum pnya pngalaman pke motor yg oversize)
Mohon pencerahannya dari para petuah2 rx king d sini.
Terima kasih sebelumnya.
Saya mau tanya tentang mesin king yg sering bocor karena baut pengencang cylinder head longgar.
Jadi gini critanya, saya br beli rx king thn 2004 tp udah oversize sampe 148cc + cylinder head d pangkas sktr 1 mm buat ningkatin kompresi. Awalnya ngga ada masalah buat lari tarikan2 pendek, tp mur pengencang silinder head sering kendor jd sering bocor dkit tp msh bs buat jalan, tiap 2 hari skali ngencangin baut2nya (kondisi mesin dingin). Klimaksnya wkt saya buat jalan biasa terdengar suara bocor d packing silinder head dan motor ga bs jalan sma skali. Stelah saya bongkar ternyata packing headnya pecah. Kemungkinan Lubang packing bagian depan ga bs duduk rata k permukaan blok silinder karena baut yg ke blok silinder ukuran 14 jd kpaksa kdesak gt. Solusi pertama saya bawa k tukang bubut buat ngetap bikinin baut baru dan skrng uda terpasang baut 12-12 d blok silinder (yg lama sudah rusak ulirnya) mur pengencang jg sudak saya ganti pake yg panjang nongol k atas, packing jg uda saya ganti orosinil. Uda 2 hari jalan lancar (belum buat ngebut). Kejadian itu bocor itu terulqng lg tadi pagi. Wkt buat berangkat kerja, saya ngebut sampe top speed sktr 1 kilometer, kompresi bocor gede akhirnya mesin ga bs hidup sma skali. Jd d dorong deh smpe tempat kerja, untung aj tinggal 500 meter dr kantor.
Sepulang kerja td saya cek lagi trnyata kedua mur silinder head bagian belakang longgar semua. Padahal baut keduanya msh bagus n bahannya dari besi baja warna hitam beda sma yg 2 depan.
Yang mau saya tanyakan :
1. Bagusnya baut untuk blok silinder pake yg mana ?
2. Gmn cara ngurangin getaran mesin saya yg gede ? Karena menurut saya longgarnya baut ini gara2 getaran mesin yg trlalu kenceng ( ngga kyk umumnya sepeda) ato memang semua ovesize motor berkontibusi besar pada getaran mesin meski dudukan mesin uda kenceng (saya belum pnya pngalaman pke motor yg oversize)
Mohon pencerahannya dari para petuah2 rx king d sini.
Terima kasih sebelumnya.
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
pake seher ukuran berapa mm om
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
diameter silindernya se 59 mm, tp dalemnya lupa ngga aq ukur om
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
berarti cuman os 100 om,gak nyampe 148cc
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
gtw om, saya dkasi tau ama orang bengkel tu uda os 125 om, gtw strokenya brp yg d pke ni
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
kalo boleh coba dipoto silender blok aka boringnya
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
uda aq pasang om, motor uda jalan si, tp klo aq ukur sma diameter lubang packing orisinil yg buat rx king tu si lubang boringnya lebih kecil sktr 1 mm om, brarti uda brp cc ya pnya saya tu ?
maklum lum prnah pke king yg bore up kyk gni om
maklum lum prnah pke king yg bore up kyk gni om
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
lobang paking yang mana om
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
packing silinder head yg atas tu om
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
paking head atas yang kuningan ukurannya kalo standar semua sama,rxz,rxk,rxking,rxs
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
kira2 cc king pnya saya tu uda brp ya om klo lebar lubang boringnya lbh kecil 1 mm dr packing silinder head orisinilnya gt ?
Trus klo pngen naikin jd 150 cc hrs oversize brp om ? biar bs ngasepin si ninja ss tu
Trus klo pngen naikin jd 150 cc hrs oversize brp om ? biar bs ngasepin si ninja ss tu
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
keren nih cita-citanya,sayang aku gak tau om
kalau masalah ngasepin pasti diasepin,namanya juga rxking pake oli samping
kalau masalah ngasepin pasti diasepin,namanya juga rxking pake oli samping
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
ngga smw keluar asep om, pnya saya pke c*str*l low smoke ngga keluar asep ni klo jalan, keluar asepnya wkt manasin mesin pagi2 gt, it aj jg ngga byk asepnya, abis dpanasin buat jalan sma kyk mtr 4 tak, mngkn keluar dkit tp ngga keliatan gt
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
wah keren dong,temen cuman pake eneos city malah keluar api
[You must be registered and logged in to see this image.]
[You must be registered and logged in to see this image.]
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
it arm belakang pke pnya vxion om ?
oya sma rem cakram belakang pnya saya kok ngga pakem tu knapa ya ? klo dtes pke standart tengah trus ban belakang dputer, d teman rem dkit uda pakem tp bgitu buat jalan d rem smpe mentok pun ngga kyk cakram spd mtr bawaan pabrik, stelan dr tuas rem k penekan oli rem uda saya stel2, tetep aj ngga pakem om, kaliper set & piston penekan oli cakram non ori
oya sma rem cakram belakang pnya saya kok ngga pakem tu knapa ya ? klo dtes pke standart tengah trus ban belakang dputer, d teman rem dkit uda pakem tp bgitu buat jalan d rem smpe mentok pun ngga kyk cakram spd mtr bawaan pabrik, stelan dr tuas rem k penekan oli rem uda saya stel2, tetep aj ngga pakem om, kaliper set & piston penekan oli cakram non ori
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
ranggawasita-
- Posts : 779
Join date : 11.03.10
flying dutchman- Posts : 9
Join date : 02.05.13
Re: Getaran mesin besar bikin mur pengencang cylinder head longgar
bocor kompresi itu akibat dari seher terlalu besar padat kompresi
saya punya juga dulu bgtu sering bocor kompresi
seher saya skrg udh ov150 di pake ngebut or touring g ada mslh
hehehe
yg saya lakuin adalah
headnya dipapas lagi
blocknya juga di papas
ambil sj sedikit,
knpa dipapas?
coz permukaan head y kena papas waktu lalu tidak rata
bgtu juga block yg tempat baut itu.,permukaanna tidak rata jadi papas tsb buat ngeratain head ama blocknya yg td tidak rata permukaannya.
jadipada saat head di pasang tidak masalah coz ada packing ama lem yg lindungi permukaan yg tidak rata tsb
pada saat jalan pelan tidak maslh coz seher tidak terlalu maksa
sedangkan pada saat ngebut seher maksa dan head tidak mampu buat nahan getran seher makanya bocor
trz baut penahan kop dibikin rata ato sejajar, kanan kiri, atas bawa jgn ada same miring.
trz bautnya jugadi mentokin ampe abis drat bautnya masuk di block
trz klomau di kancing bautnya di tambahin ring aja biar bautnya makin bagus buat nahan head.
klobisa pake paking asli
smga membantu ya :)
saya punya juga dulu bgtu sering bocor kompresi
seher saya skrg udh ov150 di pake ngebut or touring g ada mslh
hehehe
yg saya lakuin adalah
headnya dipapas lagi
blocknya juga di papas
ambil sj sedikit,
knpa dipapas?
coz permukaan head y kena papas waktu lalu tidak rata
bgtu juga block yg tempat baut itu.,permukaanna tidak rata jadi papas tsb buat ngeratain head ama blocknya yg td tidak rata permukaannya.
jadipada saat head di pasang tidak masalah coz ada packing ama lem yg lindungi permukaan yg tidak rata tsb
pada saat jalan pelan tidak maslh coz seher tidak terlalu maksa
sedangkan pada saat ngebut seher maksa dan head tidak mampu buat nahan getran seher makanya bocor
trz baut penahan kop dibikin rata ato sejajar, kanan kiri, atas bawa jgn ada same miring.
trz bautnya jugadi mentokin ampe abis drat bautnya masuk di block
trz klomau di kancing bautnya di tambahin ring aja biar bautnya makin bagus buat nahan head.
klobisa pake paking asli
smga membantu ya :)
ogut- Posts : 21
Join date : 07.04.13
Age : 35
Location : manado
Similar topics
» Getaran mesin terasa
» Getaran mesin terasa
» Hasil Musyawarah Besar (MuBes) Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)
» Bikin Avatar Keren
» Bikin Profile Facebook Keren ^_^
» Getaran mesin terasa
» Hasil Musyawarah Besar (MuBes) Yamaha RX-King Indonesia (YRKI)
» Bikin Avatar Keren
» Bikin Profile Facebook Keren ^_^
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|